Tuesday 4 January 2011

AKADEMI TEKNOLOGI KULIT YOGYAKARTA

Alamat Kampus 1 : Jl. Ateka, Druwo, Bangunharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta

Alamat Kampus 2 : Jl. Ringroad Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta

No. Telp. : (0274) 383729
No. Fax : (0274) 383727
E-mail : info@atk.ac.id
Website : www.atk.ac.id

Akademi Teknologi Kulit (ATK) Yogyakarta telah ada sejak tanggal 1 September 1958 dan merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi dibawah Kementerian Perindustrian RI yang khusus menyelenggarakan pendidikan dibidang Teknologi Perkulitan.
Visi
Menjadi pusat penghasil sumber daya manusia industrial yang mempunyai standar kompetensi global dalam bidang teknologi dan produk kulit.
Misi
Menjalankan Tri Darma Perguruan Tinggi dengan optimal yang mencakup kegiatan :
 Bidang Pendidikan : menyediakan tenaga profesional dibidang teknologi dan produk kulit yang siap bersaing dipasar global.
 Bidang penelitian : melakukan penelitian yang aplikatif.
 Bidang pengabdian pada masyarakat : memberikan jasa pelayanan teknis, konsultasi dan pelatihan.
Tujuan
 Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi global sesuai dengan kebutuhan pasar kerja
 Menghasilkan produk penelitian yang bisa diaplikasikan di industri
 Menghasilkan jasa pelayanan teknis, konsultasi dan pengujian
 Menghasilkan kulit tersamak, alas kaki/sepatu dan pruduk kulit

Kekhususan Bidang studi yang diselenggarakan di Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta, meliputi :
• Teknologi Pengolahan Kulit
• Desain Teknologi Sepatu
• Desain Teknologi Produk Kulit
• Teknologi Bahan Kulit, karet dan Plastik

Teknologi Pengolahan Kulit (TPK)
Diprogram studi TPK ini mahasiswa dipersiapkan supaya mempunyai kemampuan dalam bidang proses pengolahan kulit. Mahasiswa mempelajari mulai dari persiapan bahan mentah (hide and skin), perendaman (soaking), pengapuran (liming), pembuangan daging (fleshing), pembelahan (splitting), pembuangan kapur (deliming), pengikisan (bating), pengasaman (pickling), proses penyamakan (tanning), sampai pada proses finishing kulit.

Desain Teknologi Sepatu (DTS)
Diprogram studi DTS mahasiswa dipersiapkan supaya mempunyai kemampuan dalam bidang proses pembuatan sepatu. Mahasiswa mempelajari mulai dari proses perancangan (design), pembuatan acuan (last), pembuatan pola (pattern making), teknik pemotongan bahan (shoe upper clicking), teknik menjahit (sewing technique), teknik lasting (lasting technique), perangkaian (assembling), sampai pada proses finishing dan packaging. Mahasiswa dipersiapkan untuk mampu membuat berbagai jenis produk alas kaki seperti sepatu derby, oxford, fantofel, pump, derby boot, chuka boot, sandal dan moccasin.

Desain Teknologi Produk Kulit (DTPK)
Program DTPK menspesialisasikan pada produk-produk berbahan kulit seperti busana, tas, sarung tangan, dompet, ikat pinggang dan produk kerajinan lainnya. Diprogram DTPK mahasiswa mempelajari proses perancangan (design), pembuatan pola (pattern making), sampai pada teknik pembuatan barang jadi (prototyping).



Teknologi Bahan Kulit, karet dan Plastik
Diprogram studi TBKKP ini mahasiswa dipersiapkan supaya mempunyai kemampuan analisis karakter material yang digunakan pada proses penyamakan maupun bahan pembantu pada alas kaki atau produk kulit. Selain itu mahasiswa juga mempelajari tentang teknik pengolahan limbah dan industri pengolahan kulit, karet dan plastik. Jenis produk yang dipelajari antara lain fatliquor, binder, adhesive, polymer, bahan penyamak dan kompon.

No comments:

Post a Comment