Monday 31 January 2011

SEKOLAH TINGGI ILMU STATISTIK

STIS
Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) – semula bernama Akademi Ilmu Statistik (AIS) – merupakan perguruan tinggi kedinasan program D-IV, yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tahun 1958. STIS mengemban visi menjadi lembaga pendidikan tinggi kedinasan yang berfungsi untuk mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang statistika dan komputasi statistik dengan mendidik kader yang memiliki kemampuan akademik/profesional. Dengan demikian lulusan STIS merupakan tenaga yang mampu merencanakan dan melaksanakan penelitian, melakukan analisis di bidang sosial-ekonomi serta merencanakan dan mengembangkan sistem informasi.
Kurikulum dibuat sesuai dengan perkembangan ilmu ekonomi, kependudukan, sosial, dan teknologi informasi. Proses dan metode pembelajaran ditekankan pada pengembangan ketrampilan di bidang statistik dan komputasi statistik. STIS mempunyai dua jurusan: Jurusan Statistika – dengan dua bidang peminatan, yaitu Ekonomi dan Sosial Kependudukan – dan Jurusan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika menghasilkan tenaga ahli statistik ekonomi serta tenaga ahli statistik sosial-kependudukan, dan Jurusan Komputasi Statistik menghasilkan tenaga ahli komputasi dan sistem informasi.
Kampus STIS
Jl. Otto Iskandardinata No. 64C
Jakarta 13330
Telp. (021) 8191437, 8508812
Fax. (021) 8197577
Catatan: Informasi ini hanya sebagai referensi. Persyaratan, jadwal, dan prosedur pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2011/2012 akan diumumkan kemudian.
Persyaratan Umum Tahun Akademik 2010/2011
1. Sehat jasmani dan rohani dan tidak cacat fisik, tidak buta warna, dan bebas narkoba.
2. Lulus SMA jurusan IPA atau Madrasah Aliyah jurusan IPA.
3. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris masing-masing minimal 7 (bukan hasil pembulatan) pada kelas XII semester I.
4. Umur tidak lebih dari 22 tahun pada tanggal 1 Oktober 2010.
5. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di STIS sampai dengan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
6. Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain.
7. Bersedia mematuhi peraturan Sekolah Tinggi Ilmu Statistik.
8. Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID).
9. Bersedia ditempatkan di unit kerja Badan Pusat Statistik (BPS) di seluruh Indonesia sampai ke tingkat kabupaten/kota.
Seleksi Ujian Masuk Tahun Akademik 2010/2011
Kegiatan Tanggal Keterangan
Pendaftaran 1 April – 21 Mei 2010 Lihat prosedur pendaftaran
Ujian Tahap I 5 Juni 2010 Ujian tertulis Matematika, Bahasa Inggris, dan Minat & Bakat
Lokasi ujian di BPS Provinsi dan Kampus STIS
Pengumuman Hasil Ujian Tahap I 20 Juni 2010 Website STIS, Kampus STIS, dan BPS Provinsi
Ujian Tahap II 26 Juni 2010
26 – 28 Juni 2010 Ujian tertulis Psikotes
Wawancara
Lokasi ujian di BPS Provinsi dan Kampus STIS
Pengumuman Hasil Ujian Tahap II 25 Juli 2010 Website STIS, Kampus STIS, dan BPS Provinsi
Mengirimkan Hasil Tes Kesehatan 26 – 30 Juli 2010 Dikirimkan langsung atau kolektif ke Kampus STIS
Pengumuman Kelulusan 11 Agustus 2010 Website STIS, Kampus STIS, dan BPS Provinsi
Daftar Ulang 20 – 22 21 September 2010 Kampus STIS


Ikatan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (IMASTIS) merupakan wadah bagi mahasiswa STIS dalam berorganisasi. IMASTIS didirikan pada tahun 1998 dan merupakan kelanjutan dari Ikatan Mahasiswa Akademi Ilmu Statistik (IMAIS). IMASTIS bertujuan untuk membentuk mahasiswa yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berwawasan luas, profesional, bersikap kritis dan dinamis, memiliki integritas dan kepedulian sosial.
Lembaga-lembaga yang ada di IMASTIS adalah Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Senat Mahasiswa (SEMA). DPM merupakan lembaga yang menjalankan fungsi legislatif IMASTIS, dimana DPM memegang kekuasan tertinggi dalam IMASTIS lewat Sidang Umum DPM. Adapun Senat Mahasiswa (SEMA) STIS merupakan lembaga tertinggi kemahasiswaan yang menjalankan fungsi eksekutif. SEMA sebagai sentral koordinasi dan informasi serta memiliki peran sebagai penampung, penyalur, pengontrol, pengakomodir bakat, minat, profesi, dan kegiatan mahasiswa di lingkungan STIS Jakarta. Sedangkan lembaga organisasi intra kampus yang ada di bawahnya meliputi Unit-unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
ROHIS
ROHIS adalah salah satu UKM yang mempunyai visi dalam memasyarakatkan nilai-nilai keislaman kepada seluruh masyarakat kampus STIS dengan misi meningkatkan syiar Islam yang bersahabat kepada semua kalangan di kampus STIS.
ROHKRIS
Rohkris adalah salah satu UKM yang mewakili mahasiswa Kristen (Katholik dan Protestan) untuk beraktifitas dalam agama.
KOPMA
KOPMA STIS merupakan badan usaha ikatan mahasiswa STIS (IMASTIS) yang berperan melayani kebutuhan mahasiswa STIS serta menjadi sumber dana bagi kegiatan-kegiatan.
UKES
UKM Kesenian merupakan wadah untuk menghidupkan, mengembangkan, serta melestarikan kesenian baik tradisional maupun modern yang tersalur dalam minat, bakat dan kreativitas mahasiswa STIS.
GPA CHEBY
Cheby merupakan satu-satunya UKM pecinta alam di STIS.
UKM BIMBEL
Kegiatan dari UKM BIMBEL STIS difokuskan pada pengajaran, pendidikan dan segala hal yang berhubungan dengan kegiatan akademik, diadakan untuk mahasiswa STIS sendiri dan juga pihak lain diluar mahasiswa STIS seperti: siswa-siswi SD, SLTP, SLTA, dll.
UKM SES
UKM SES (Statistician English Society) adalah unit kegiatan mahasiswa yang menjadi wadah bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Statistik untuk mengembangkan kemampuannya dalam bidang bahasa Inggris.
UKM NIHONGO BU
Pada awalnya, Nihongo Bu berada dibawah bendera UDIK (UKM Akademik). Namun, pada tahun 2008 UDIK dipecah menjadi empat UKM yaitu UKM BIMBEL, SES, NIHONGO BU, dan FORKAS.
UKM FORKAS
UKM FORKAS adalah sebuah organisasi pengkajian statistik yang berada di bawah Unit Kegiatan Mahasiswa Pendidikan (UKM Pendidikan) STIS. Dengan visi mewujudkan intelektual kampus, FORKAS membawa misi mengoptimalkan potensi mahasiswa melalui pengkajian statistik secara teori dan aplikasi. FORKAS memiliki 3 divisi utama, yaitu: divisi Kajian dan Seminar, divisi Penelitian, dan divisi Penulisan.
UKM OLAH RAGA
UKM Olah Raga STIS sebagai lembaga pendidikan profesional tidak hanya memperhatikan kemampuan otak mahasiswa saja tetapi juga memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan hobi, minat, dan bakat yang dimilikinya. Unit tersebut antara lain: Badminton, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Bola Bassket, Bola Voli, Sepak Bola, Catur, Bridge, Futsal, Senam.
HIMADA
Selain organisasi kemahasiswaan yang sifatnya formal seperti di atas, STIS juga memiliki berbagai organisasi informal yaitu himpunan mahasiswa daerah yang berdiri secara independen di luar Organisasi Kemahasiswaan apapun. Keberagaman mahasiswa STIS inilah yang menjadi ide awal munculnya HIMADA. HIMADA adalah singkatan dari Himpunan Mahasiswa Daerah.

No comments:

Post a Comment